TIPS BERINTERAKSI DENGAN REKAN KERJA DI HARI PERTAMA
Hari pertama masuk kerja di perusahaan baru merupakan salah satu momen paling canggung dalam pengalaman karier seseorang. Apalagi untuk pegawai yang memiliki sifat pemalu. Agar kerjasama tim cepat terbangun, ada baiknya jika anak baru tidak segan untuk segera bergaul. Hal tersebut memang tidak mudah apalagi bila ternyata rekan-rekan memiliki karakteristik atau selera yang bertentangan dengan Anda. Untuk Anda yang ingin cepat akrab bahkan di hari pertama dengan teman-teman, simak enam tipsnya ini:
1. Hapalkan Nama
Dilansir dari Dailyworth, hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika bertemu dengan rekan-rekan untuk pertama kalinya adalah menghapalkan nama mereka. Banyak orang melupakan nama lawan bicara satu detik setelah berkenalan. Untuk itu, usahakan untuk ingat wajah, nama, serta jabatan rekan-rekan. Bila sukses melakukannya, Anda tidak akan canggung ketika ingin memanggil mereka untuk meminta bantuan.
2. Buat Poin Pembicaraan
Bila Anda tipe orang yang biasanya canggung dengan orang asing, ada baiknya untuk menyiapkan poin pembicaraan. Hal ini mungkin terdengar berlebihan namun merupakan solusi yang tepat untuk cepat akrab dengan rekan-rekan baru. Ketika baru bertemu, pastikan untuk tidak menyinggung topik-topik yang terlalu pribadi. Kemudian pastikan pula Anda tidak terlalu menyombongkan diri.
3. Perhatikan Hal Terkecil
Anak baru sering merasa segan untuk membicarakan sesuatu yang kurang penting. Misalnya menanyakan kulkas atau kompor daru. Agar Anda tidak dianggap sok tahu atau sembarangan ketika memakai karena tidak mengetahui aturannya, sebaiknya tanyakan saja pada rekan-rekan. Meski tidak terlalu penting, mereka pasti mengerti jika Anda benar-benar ingin mengetahui.
4. Makan Siang dengan Rekan
Makan siang dengan rekan-rekan yang tidak dikenal pada hari pertama memang 'mengerikan' untuk sebagian orang. Namun bila Anda ditawari untuk istirahat bersama, tak ada salahnya untuk bergabung dengan mereka. Dengan begitu, Anda bisa cepat mengetahui tempat makan enak di sekitar kantor.
5. Ikut Hangout
Jika rekan-rekan mengajak hangout setelah kerja, Anda boleh menolak bila kurang nyaman. Meski sudah berkenalan sejak pagi, bepergian dengan orang-orang yang tidak dikenal bisa menyebabkan kecanggungan. Anda pun dapat merasa tidak nyaman dan tidak bisa menjadi diri sendiri. Namun bila Anda tipe individu yang mudah dekat dengan orang, tidak ada salahnya untuk ikut hangout dengan mereka.
6. Banyak Bertanya
Jangan merasa jika Anda akan dianggap menyebalkan jika Anda banyak bertanya. Hal tersebut malah bisa membuat Anda terlihat seperti orang yang ingin tahu banyak hal. Tanyakan pula pada rekan-rekan mengenai pengalaman kerja mereka. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai perusahaan sejak awal.
source: wolipop.com
photo: google
0 komentar:
Posting Komentar